Badan Penanggulanggan Bencana dan Kebakaran

Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran

Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran yang selanjutnya disebut BPBK adalah merupakan unsur pendukung dan pelaksana tugas dalam penyelenggaraan pemerintahan dibidang penanggulangan bencana dan kebakaran, perlindungan masyarakat terhadap bencana alam, non alam dan sosial.
Berdiri Maret 1973 Unit Damkar dibawah DPU dipimpin oleh H. Sjahruni H. Kemudian Tahun 1990 s/d 1997 menjadi DPK dipimpin Mayor Syarkani R. Tahun 1997 s/d 1999 dipimpin Mayor Setiawan, menjadi Kantor Penanggulangan Kebakaran pada tahun 2000 s/d 2007 dipimpin Drs. H. Andy Azis, berdasarkan Perda No. 21 Tahun 2008 menjadi Badan Penanggulangan Bencana & Kebakaran dipimpin H. Ali Munsjir Halim,SE MM pada 11 November 2010 dipimpin oleh Suseno, A.TD
dan pada 21 Desember 2011 dipimpin oleh Ir. H. Abdul Azis AM, MM. Pada tanggal 23 Agustus tahun 2013 berdasarkan Peraturan Daerah Kota Balikpapan Nomor 3 Tahun 2013 BPBK Kota Balikpapan secara resmi berubah Nomenklatur menjadi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Balikpapan.

Rabu, 03 Maret 2010

2 Kebakaran dalam 1 malam

Ratusan warga korban kebakaran di Jl Wolter Monginsidi RT 49 dan RT 41 kelurahan Baru Ulu Balikpapan Barat, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (2/3), mengungsi ke masjid dan surau.  Karena belum tersedianya posko bencana kebakaran.
Sementara itu Wakil Walikota Balikpapan, H. Rizal Effendi, SE yang didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Dan Kebakaran Kota Balikpapan H. Ali Munsjir Halim, SE MM menyampaikan Pemerintah Kota Balikpapan akan mendata dan membangun posko. Beliau mengaku telah memerintahkan camat dan Lurah Baru Ulu untuk segera mendata warga korban kebakaran.
Kebakaran terjadi pada Selasa malam. Api berkobar sekitar pukul tujuh pemadaman listrik. Diduga, api berasal dari lilin atau lampu minyak di salah satu rumah penduduk. Petugas telat akibat sulitnya akses menuju lokasi, akibat membludaknya jumlah kendaraan dari lokasi kebakaran hingga 500 meter Usai petugas bekerja tiga jam, api dapat dipadamkan.

Sementara sekitar pukul 01.00 lewat tengah malam kembali terjadi bencana kebakaran di Kompleks Perbelanjaan Kebun Sayur yang menimpa sebuah Salon., untungnya petugas bertindak sigap sehingga hanya 1  Kios saja yang terbakar.

Tidak ada komentar:

Archive